stop…!!! GLOBAL WARMING

doc1

Liburan di rumah koq jadi serem ngelihat berita2 di TV nih. Dampak pemanasan global diberitakan secara gencar di TV belakangan ini. Padahal konferensi perubahan iklim di bali sudah selesai digelar dua mingguan yang lalu, tapi berita mengenai dampak global warming ini masih hangat terus. Di sisi positifnya sih sekarang menjadi semakin banyak yang peduli dengan lingkungan terutama yang berkaitan dengan pemanasan global ini.

Bicara mengenai peduli !!.. jadi inget kerjaan di kantor. Storage saat ini mengkonsumsi heat dan power yang sangat besar. jumlah disk yang banyak dan proses mekanikal saat baca/tulis ini yang menyebabkan storage sebagai penyumbang panas dan pengkonsumsi power nomor 2 terbesar di datacenter setelah server. Tapi perkembangan teknologi processor di sisi server sudah jauh lebih baik. Dengan kebutuhan power yang sama untuk teknologi processor tahun lalu, processing power yang dihasilkan teknologi processor tahun ini jauh lebih cepat dibandingkan tahun lalu. heatnya juga lebih rendah dibandingkan jenis processor sebelumnya. Sayangnya pengembangan teknologi yang seperti ini tidak berlaku juga di storage. Perkembangan disk yang lambat menjadi faktor utamanya. Sudah begitu kebutuhan data kedepan semakin besar (nggak ada cerita kebutuhan storage berkurang, toh..). Apalagi dengan adanya tuntutan sarbox yang mengharuskan informasi di simpan selama periode tertentu dan harus dapat diakses jika diperlukan akan membuat semakin banyak disk yang diperlukan. Belum lagi keperluan replikasi data. Nah lho… bisa jadi storage akan menjadi penyumbang heat dan pengkonsumsi power terbesar tahun depan atau setidaknya dua tahun kedepan deh.

jadi keinget lagi tulisan saya di blog ini juga tentang power & cooling datacenter. Sejalan dengan tulisan ini, saat ini vendor-vendor storage sudah mulai gencar mengkampanyekan “storage go green”. Beberapa vendor menekankan kepada efisiensi penggunaan storage, konsolidasi, virtualisasi, thin provisioning dan tier-storage. Beberapa vendor storage lain mulai mengembangkan storage yang low power consumption dan less heat. Agami dan Copan misalnya.

Agami mengembangkan NAS appliance yang dipasarkan dengan nama Agami Information Server (AIS). Appliance ini menggunakan processor AMD quad Opteron 64 bit & harddisk SATA dari western digital. Agami klaim bahwa konfigurasi mereka menghasilkan hampir 50% watt yang dibutuhkan per terabyte dibandingkan storage unit yang besar pada umumnya.

Copan lebih hebat lagi. Copan yang merupakan salah satu perusahaan storage yang menginisiatifkan green storage dengan mengembangkan MAID (Massive Array of Idle Disks) yang membutuhkan power lebih rendah. Pada teknologi MAID ini disk di set pada kondisi idle dan platenya tidak berputar, array ini akan powerup disk jika akan diakses / ada proses baca-tulis saja pada periode waktu tertentu, setelah itu disk akan diset idle kembali. Copan klaim dengan teknologi seperti ini bisa menghemat power 75 sampai 90 persen dibanding storage lainnya. Meskipun teknologi ini tidak direkomendasi untuk online storage, karena hanya menggunakan SATA dan defaultnya disk di set idle, tapi strateginya cukup jitu juga. Hal ini mengkin menginspirasi HDS untuk menggunakan strategi yang mirip seperti MAID.

HDS memberikan option power savings di storage modularnya bisa untuk SATA maupun FC disk. Jika option ini diaktifkan, by default semua disk aktif namun kita bisa configure untuk powerdown raidgroup2 yang tidak aktif. . prinsipnya seperti kebalikan dari MAID yang by default semua disk idle. Sisi negatifnya adalah disk yang idle tidak bisa dilakukan health check sehingga reliabilitasnya menjadi berkurang. Namun demikian sisi positifnya adalah heat dan konsumsi powernya lebih sedikit.

SNIA (Storage Networking Industry Association) juga ikutan ambil peran dengan membentuk forum GSI (Green Storage Initiative) tahun 2007 ini. Beberapa vendor infrastruktur storage, OS dan aplikasi storage bergabung di forum GSI ini. Diantaranya ada Brocade, EMC, Hitachi, Netapp, Copan juga HP, IBM, dan SUN microsystem. Mereka bersama-sama berupaya mengembangkan storage yang lebih efisien dari sisi energy dan managementnya.

Well.. semua pihak perlu berupaya kearah sana untuk mendapatkan kualitas lingkungan yang lebih baik. Termasuk anda dan saya..

3 Komentar

  1. haiii.. pa kabar??..🙂

  2. hai…juga …!!!
    kabar baek….!!!

  3. baru bikin blog yah?.. kalau copy paste artikel, pls di update juga sumbernya..
    Selamat belajar yaaa, neng.. semoga sukses kedepannya..
    Tetap semangat.
    -Iwan Sulistyawan-


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s